Rabu, 08 Juni 2011

SISTEMATIKA PENULISAN KARYA ILMIAH


SISTEMATIKA PENULISAN KARYA ILMIAH

1. HALAMAN SAMPUL
Berisi tentang judul dari penelitian, logo (sekolah/ instansi/ organisasi) terkait atau bisa berupa foto-foto yang menunjukkan penelitian, tujuan penulisan karya tulis, dan instansi/ lembaga terkait beserta tahun pembuatannya.
2. HALAMAN JUDUL
Hampir sama seperti halaman sampul tetapi pada sudut kanan bawah diberi huruf i yang menunjukkan halaman.
3. HALAMAN PENGESAHAN
Berisi tujuan penulisan karya ilmiah beserta pernyataan persetujuan dan pengesahan oleh pihak terkait, seperti: pembina dan kepala instansi.
4. KATA PENGANTAR
Berupa ucapan puji syukur, sekilas tentang gambaran karya tulis yang disusun, ucapan terimakasih kepada pihak pembantu, permintaan kritik dan saran, keterangan tempat, waktu dan penyusun.
5. ABSTRAK
Merupakan rangkuman dari isi tulisan mengenai gambaran umum penulisan karya tulis dalam format yang sangat singkat.
6. DAFTAR ISI
Keterangan nomor halaman dari tiap-tiap pokok bahasan.
7. BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Yaitu permasalahan yang mendasari suatu pemikiran, penelitian dan penyusunan karya tulis atau sebagai alasan kita melakukan penelitian.
B. Rumusan Masalah
Yaitu fokus seorang peneliti untuk bekerja dalam penelitian yang berisi poin-poin penting yang akan diteliti dengan susunan yang sistematis.
  1. Pembatasan Masalah
Digunakan untuk membatasi ruang lingkup masalah yang akan diteliti.
D. Tujuan Penelitian
Merupakan hal yang ingin dicapai oleh penulis dalam melakukan penelitian.
E. Manfaat Penelitian
Berupa hasil yang diharapkan penulis dalam penelitian baik secara umum maupun khusus.
8. BAB II. LANDASAN TEORI
Berisi uraian dari teori-teori yang mendasari penyusunan karya tulis yang dapat diperoleh dari berbagai sumber. Misal: buku, media cetak, majalah, jurnal, internet, skripsi, tesis dan sebagainya. Catatan: apabila kita mengutip dari sumber internet maka disertakan nama situs, orang yang mengunggah beserta waktu akses. Sedangkan sumber yang diambil dari buku, tesis, skripsi dan lain-lain maka perlu dituliskan nama penulis, tahun terbit dan nomor halaman buku sebagai acuan materi.
9. BAB III. METODE PENELITIAN
Berisi tentang:
A. Daerah Penelitian
Meliputi nama Desa, Kecamatan, Kabupaten atau lembaga terkait dalam penelitian.
B. Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi adalah keseluruhan obyek yang akan dijadikan sebagai penelitian. Sedangkan sampel adalah beberapa contoh yang diambil dari populasi untuk memberikan gambaran keseluruhan.
C. Metode Pengumpulan Data
Meliputi Metode studi dokumentasi/ literatur yaitu mencari data yang mendukung penelitian dari berbagai sumber, seperti: catatan, surat kabar, agenda dan lain-lain. Metode Observasi yaitu pengamatan langsung terhadap kegiatan di lokasi penelitian. Metode Eksperimen yaitu uji kandungan zat atau percobaan lain yang dapat dilakukan di labortorium ataupun tempat lain yang membantu proses penelitian. Metode wawancara yaitu melakukan tanya jawab dengan narasumber untuk mencari informasi demi mendukung kegiatan penelitian, wawancara dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung.
10. BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Tes dan Non Tes
Hasil tes adalah hasil yang diperoleh dari proses percobaan (eksperimen) dan angket. Sedangkan hasil non tes adalah hasil yang diperoleh dari melakukan wawancara dan observasi.
B. Pembahasan
Diambil dari hasil wawancara, observasi, angket dan eksperimen untuk disesuaikan dengan landasan teori yang ada sehingga didapat suatu hipotesa.
11. BAB V. PENUTUP
Berisi kesimpulan dan saran yang disampaikan oleh penulis.
12. DAFTAR PUSTAKA
Berfungsi untuk orisinilitas karya untuk menghindari plagiatisasi, mengukur kualitas suatu karya tulis sehingga semakin banyak daftar pustaka semakin baik kualitas karya tulis, memudahkan pembaca untuk melacak referensi yang digunakan.
Aturan Penulisan Daftar Pustaka, misal:
Nama Penulis : Justin Biber
Judul Buku : Baby
Penerbit : Erlangga
Tahun Terbit : 2012
Kota : Jakarta
Maka penulisan daftar pustaka yang benar adalah:
Biber, Justin.2012. Baby. Jakarta: Erlangga
13. LAMPIRAN
Berisi foto-foto beserta keterangan untuk menunjukkan proses dalam melakukan penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar